-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Rencana Perbaiakan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : SDN Muara Jaya II
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas
/ Semester : IV/2
Waktu : 1X35 menit
A. Standar Kopetensi
6.
Berbicara, mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan bertelepon
B. Kompetensi Dasar
6.1
Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat
C. Indikator
Menyebutkan
cirri-ciri pantun
D. Tujuan Pembelajaran
·
Siswa dapat menyebutkan cirri-ciri
pantun.
E. Tujuan Perbaikan Pembelajaran
·
Siswa dapat menyebutkan cirri-ciri
pantun dengan benar.
Karekter
siswa yang diharapkan:
Berani,
tertib, disiplin, gemar membaca, cinta budaya
F. Materi Pembelajaran
Ciri-ciri
pantun
G. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah berfariasi
2.
CTL (Permainan Kartu Pantun)
3.
Penugasan
4.
Tanya jawab
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan awal (5 menit)
a.
Berdo’a bersama, melakukan presensi,
penertiban siswa
b.
Apersepsi
Tanya
jawab tentang budaya daerah yang menggunakan pantun dalam kehidupan
sehari-hari.
1)
Apakah kalian tau apa itu pantun?
2)
Apakah kalian tau suku apa yang
menggunakan pantun dalam kehidupan sehari-hari? (melayu)
c.
Penyampaian sekilas materi dan tujuan
pembelajaran
(bagaimana
cirri-ciri pantun dan cara membuat pantun)
2.
Kegiatan inti (20 menit)
Ekplorasi
a.
Siswa membagi diri beberapa kelompok
b.
Memfalisitasi siswa berupa media pembelajaran
(permainan kartu)
c.
Masing-masing kelompok mendapat 5 pantun
yang terbagi menjadi 20 kartu, setiap kartu terdapat 1 kalimat.
Elaborasi
a.
Melalui diskusi kelompok setiap kartu
dijodohkan dan ditempelkan sehingga tersusun 5 pantun
b.
Hasil diskusi kelompok ditukarkan kepada
kelompok lain
c.
Bersama-sama melakukan diskusi kelas
Konfirmasi
a.
Siswa diberi kesempatan menayakan
hal-hal yang belum dipahami
b.
Hasil pekerjaan kelompok dikumpulkan
c.
Memberikan penghargaan kepada kelompok
yang telah berperan aktif dan hasil baik selama pembelajaran
3.
Kegiatan Akhir (10 menit)
a.
Simpulan
Menyimpulkan
kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
b.
Evaluasi
Siswa
mengerjakan lembar evaluasi
c.
Refleksi
Siswa
bersama guru mengucapkan pesan dan kesan dari kegiatan pembelajaran yang telah
dilakukan
Misal
:
Bagaimana
pembelajaran hari ini?
Salah
satu budaya kita adalah berpantun, mari kita lestarikan budaya itu dengan cara
kita belajaran dan dapat membuat pantun, dengan cara seperti itu budaya akan
tetap lestari.
I. Media dan Sumber Belajar
1.
Media : Kartu berwarna (berasal dari
kertas manila / sampul warna warni)
2.
Sumber : Buku bahasa Indonesia kelas IV
BSE, buku panduan lain yang relevan
J. Penilaian
1.
Prosedur tes
a.
Tes awal : procedural
b.
Tes dalam proses : tes unjuk kerja (diskusi kelompok) terlampir
c.
Tes akhir : evaluasi terlampir
2.
Jenis tes
a.
Tes awal :
lesan
b.
Tes dalam proses : pengamatan dan hasil kerja kelompok
c.
Tes akhir : tulis
MATERI
TEKNOLOGI KOMUNIKASI MASA LALU DAN
MASA KINI
TEKNOLOGI KONMUNIKASI MASA
LALU
Contoh :kentongan
,tali, teliksandi , burungmerpati ,suratdankurir.
A. KENTONGAN
Kentongan :sebuahalat
yang digunakan orang masalaludengancara di pukulpenggunaannya.
Kentonganberfungsisebagaisaranakomunikasidiantaranyasebagai
:
Memanggilwargadesauntukmlakukankerjabakti
.
Memanggilwargadesauntukberkumpul
Memeberitahuwargadesabilaterjadipencurianataupeampokan
.
Memberitahuwargadesabilaterjadikematian
Memberitahuwaragdesabilaterjadibencanaalamdll.
TEKNOLOGI MASA KINI
Contoh: televise
,handphone, internet, suratkabar.
B. HANDPHONE
Hampirsemuakalangantelahmemakaihandphone,
handphonemudahdibawakemana-manadancarapemakaiannya pun praktis, system
pembayaranada yang abonemen(langganan) da nada yang isiulangpulsasesuaidenganisikartu
yang dipakai. Untukmenghematbiayapenggunakanmenghematbiayapenggunaanhandphonejuga
bias mengirimberitalewatsms.
KEUNGGULAN DAN
KELEMAHAN ALAT KOMUNIKASI MASA LALU DAN MASA KINI.
KEUNGGULAN MASA LALU :
1. Hargamurah
2.
Jikaadakerusakanmudahdicari
3.
Sebagaisaranapenghibur
KELEMAHAN MASA LALU :
1.
Tidakdapatdigunakanpadawaktu yang lama
2.
Tidakdapatdigunakanpadajarakjauh.
3.
Beritadigunakanpadawaktu yang lama
4.
Beritasulit di terima
KEUNGGULAN MASA KINI ;
1.
Dapatdigunakansetiapwaktu
2.
Dapatdigunakandalamwilayah yang luas.
3.
Menjangkautempat yang jauh.
4.
Diterimadalamwaktu yang cepat.
KELEMAHAN MASA LALU:
1.
Harganyamahal.
2.
Berbahayajikadigunakansebagaikejahatan
3.
Kadangsukucadangnyabelumtersedia.
LEMBAR
KEGIATAN
Jawablahpertanyaanberikutinidenganbenardantepat!
1.
Sebutkancontoh-contohalatkomunikasimasalalu
?.................
2.
Sebutkancontoh-contohalatkomunikasimasakini
?..................
3.
Sebutkankelemahandarikomunikasimasalaludanmasakini?...
4.
Sebutkankelebihandarikomunikasimasalaludanmasakini
?...
LEMBAR PENGAMATAN
SISWA
NO
|
KELOMPOK
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
1
|
KELOMPOK1
|
KEAKTIFAN
|
KERJASAMA
|
KETEPATAN
|
|
2
|
KELOMPOK2
|
|
|
|
|
3
|
KELOMPOK3
|
|
|
|
|
4
|
KELOMPOK4
|
|
|
|
|
5
|
KELOMPOK5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
KETERANGAN
:
KEAKTIFAN : 30
KERJASAMA :40
KETEPATAN :30
SOAL
EVALUASI
1.Bagaimanacaramembunyikankentongan ?
2. sebutkanfungsidarikentongan ?............(2 saja)
3. Siapa yang
membunyikankentonganpertamajikamengumpulkanwarga?
4. Sebutkancontohkomunkasimasakini?.....
5. Selainuntuktelfon ,apakegunaan lain darihandphone
?.
Kunci jawaban
1.
Kentonganberbunyiapabiladipukul
2.
– Sebagaialatuntukmengumpulkanwarga
-Untukmengumpulkanwargajikaterjadibencanaalam
3. KepalaDesa
4. Handphone, televisi
5. SebagaisaranaSMS(Short Message Servise)
karenalebihmurahbiayanya.
ANALISA
EVALUASI
NO
|
NAMA
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
SKOR
|
NILAI AKHIR
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Baca : Contoh Format RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) untuk SD kelas IV IPA
0 Comments
Terimakasih atas komentar anda!