Contoh Format RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) untuk SD kelas IV IPA

Format rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) kelas IV mata pelajaran IPA semester dua untuk 35 menit. Mungkin anda mencari format RPP untuk bahan ajaran. Bisa dilihat dibawah ini:

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH                            :    SDN MUARA JAYA II  
MATA PELAJARAN         :    IPA
KELAS/SEMESTER          :    IV/2
ALOKASI WAKTU            :    1 X 35 menit

A.    Standar Kompetensi
·         Memahami lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan

B.     Kompetensi Dasar
·         Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (Erosi, Abrasi, banjir, longsor,  Kebakaran)

C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu :
·         Memahami bahwa pengaruh angin hujan, matahari dapat menghasilkan perubahan yang menguntungkan dan merugikan.
·         Menjelaskan berbagai faktor penyebab perubahan lingkungan fisik.
·         Memahami cara mencegah erosi dan pentingnya menanam pohon bakau.
v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (Diligence), Tanggung jawab (responsibility) dan ketelitian (Carefulness)
D.    Materi Ajar
PERUBAHAN LINGKUNGAN
·         Pengaruh hujan
·         Pengaruh matahari
E.     Metode Pembelajaran
·         Ceramah bervariasi
·         Diskusi
·         Tanya jawab
F.        Langkah- langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.      Apersepsi
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
·         Guru menanyakan kesiapan peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran hari ini.
b.      Motifasi
·         Guru menyiapkan media pembelajaran, untuk memunculkan daya tarik peserta didik.
·         Guru memilih satu kata, ungkapan, pertanyaan, gambar yang berkaitan dengan materi, kemudian ditanyakan kepada peserta didik.
·         Guru meminta peserta didik mengungkapkan jawaban dan penjelasan singkat tentang kata dan gambar tersebut.

2.      Kegiatan Inti
A.    Eksplorasi
Kegiatan guru dalam ranah eksplorasi :
·         Guru menguraikan materi tentang perubahan lingkungan fisik (erosi, Abrasi, Banjir, longsor)
·         Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan mendalam tentang topik/tema materi yang dipelajari.
·         Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran, dalam bentuk Tanya jawab dan berpendapat.

B.     Elaborasi
Kegiatan guru dalam ranah Elobrasi :
·         Memberi penugasan kepada peserta didik guna mengetahui perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan.
·         Peserta didik membuat rangkuman mengenai hasil temuan dengan melakukan dikusi.
·         Peserta didik dapat memunculkan gagasan baru, baik secara lisan maupun tertulis melalui kegiatan penugasan.
C.    Konfirmasi
Kegiatan guru dalam ranah Konfirmasi :
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.

3.      Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
·         Memberikan latihan soal
·         Menarik kesimpulan bahwa matahari memberikan cahaya dan panas bagi kehidupan di bumi.
·         Memberikan soal pekerjaan rumah

G.    Alat / Bahan Dan Sember Belajar
Buku SAINS SD Kelas IV

H.    Penilaian
Indicator pencapaian kompetensi
Teknik penilaian
Bentuk instrument
Instrument / soal
·         Mengidentifikasi berbagai faktor penyebab perubahan lingkungan fisik
Tugas individu dan kelompok
Laporan dan unjuk kerja
·         Jelaskanlah berbagai factor penyeab lingkungan fisik
·         Menjelaskan pengaruh faktor penyebab perubahan lingkungan terhadap daratan (Angin, Hujan, Cahaya matahari)

Uraian
Objektif
·         Jelaskanlah pengaruh faktor penyebab perubahan lingkungan terhadap daratan (Angin, Hujan, Cahaya matahari)
·         Mengidentifikasi cara mencegah erosi tanah


·         Jelaskanlah cara mencegah erosi tanah




Format Kriteria Penilaian
·         PRODUK (HASIL DISKUSI)
No
Aspek
Kriteria
Skor
1.       
Konsep
·         Semua Benar
4


·         Sebagian besar benar
3


·         Sebagaian kecil benar
2


·         Semua salah
1

·         PERFORMANSI
No
Aspek
Kriteria
Skor
1.       
Pengetahuan
·         Pengetahuan
4


·         Kadang-kadang pengetahuan
2


·         Tidak pengetahuan

1
2.       
Sikap
·         Sikap
4


·         Kadang-kadang sikap
2


·         Tidak sikap
1

I.       Lembar Penilaian
No
Nama siswa
Performan
Produk
Jumlah skor
Nilai
Pengetahuan
sikap
1.       






2.       






3.       






4.       






5.       






6.       






7.       







CATATAN :
Nilai =(Jumlah skor : Jumlah Skor maksimal) X 10
·         Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.

                  Mengetahui,                                    ………………….,…………………..
                Kepala Sekolah                                                       Mahasiswa


  Dra. DALANG WANATAKA                                       WAHYUDI
     NIP. 19620116 188201 2 009                                     NIM 819 210 409


------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekilas kita mengenal RPP untukk bahan ajaran, semoga bermanfaat. (Baca: Contoh RPP SD KELAS IV MATEMATIKA)





Post a Comment

0 Comments