-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH : SDN
MUARA JAYA II
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS/SEMESTER : IV/2
ALOKASI
WAKTU : 1 X 35 menit
A.
Standar
Kompetensi
·
Memahami lingkungan fisik dan
pengaruhnya terhadap daratan
B.
Kompetensi
Dasar
·
Mendeskripsikan cara pencegahan
kerusakan lingkungan (Erosi, Abrasi, banjir, longsor, Kebakaran)
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini,
peserta didik diharapkan mampu :
·
Memahami bahwa pengaruh angin hujan,
matahari dapat menghasilkan perubahan yang menguntungkan dan merugikan.
·
Menjelaskan berbagai faktor penyebab
perubahan lingkungan fisik.
·
Memahami cara mencegah erosi dan
pentingnya menanam pohon bakau.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan
perhatian (respect), Tekun (Diligence), Tanggung jawab (responsibility) dan
ketelitian (Carefulness)
D.
Materi
Ajar
PERUBAHAN LINGKUNGAN
·
Pengaruh hujan
·
Pengaruh matahari
E.
Metode
Pembelajaran
·
Ceramah bervariasi
·
Diskusi
·
Tanya jawab
F.
Langkah-
langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
a.
Apersepsi
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
·
Guru menanyakan kesiapan peserta didik
untuk mengikuti kegiatan pembelajaran hari ini.
b.
Motifasi
·
Guru menyiapkan media pembelajaran, untuk
memunculkan daya tarik peserta didik.
·
Guru memilih satu kata, ungkapan,
pertanyaan, gambar yang berkaitan dengan materi, kemudian ditanyakan kepada
peserta didik.
·
Guru meminta peserta didik mengungkapkan
jawaban dan penjelasan singkat tentang kata dan gambar tersebut.
2.
Kegiatan
Inti
A.
Eksplorasi
Kegiatan guru dalam ranah eksplorasi :
·
Guru menguraikan materi tentang perubahan
lingkungan fisik (erosi, Abrasi, Banjir, longsor)
·
Guru melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan mendalam tentang topik/tema materi yang dipelajari.
·
Guru melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran, dalam bentuk Tanya jawab dan berpendapat.
B.
Elaborasi
Kegiatan guru dalam ranah Elobrasi
:
·
Memberi penugasan kepada peserta didik
guna mengetahui perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan.
·
Peserta didik membuat rangkuman mengenai
hasil temuan dengan melakukan dikusi.
·
Peserta didik dapat memunculkan gagasan
baru, baik secara lisan maupun tertulis melalui kegiatan penugasan.
C.
Konfirmasi
Kegiatan
guru dalam ranah Konfirmasi :
·
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa.
·
Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru :
·
Memberikan latihan soal
·
Menarik kesimpulan bahwa matahari
memberikan cahaya dan panas bagi kehidupan di bumi.
·
Memberikan soal pekerjaan rumah
G.
Alat
/ Bahan Dan Sember Belajar
Buku SAINS SD Kelas IV
H.
Penilaian
Indicator
pencapaian kompetensi
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk
instrument
|
Instrument
/ soal
|
·
Mengidentifikasi berbagai faktor penyebab
perubahan lingkungan fisik
|
Tugas
individu dan kelompok
|
Laporan dan unjuk
kerja
|
·
Jelaskanlah berbagai factor penyeab lingkungan
fisik
|
·
Menjelaskan pengaruh faktor penyebab perubahan
lingkungan terhadap daratan (Angin, Hujan, Cahaya matahari)
|
|
Uraian
Objektif
|
·
Jelaskanlah pengaruh faktor penyebab perubahan lingkungan
terhadap daratan (Angin, Hujan, Cahaya matahari)
|
·
Mengidentifikasi cara mencegah erosi tanah
|
|
|
·
Jelaskanlah cara mencegah erosi tanah
|
Format
Kriteria Penilaian
·
PRODUK
(HASIL DISKUSI)
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
·
Semua Benar
|
4
|
|
|
·
Sebagian besar benar
|
3
|
|
|
·
Sebagaian kecil benar
|
2
|
|
|
·
Semua salah
|
1
|
·
PERFORMANSI
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Pengetahuan
|
·
Pengetahuan
|
4
|
|
|
·
Kadang-kadang pengetahuan
|
2
|
|
|
·
Tidak pengetahuan
|
1
|
2.
|
Sikap
|
·
Sikap
|
4
|
|
|
·
Kadang-kadang sikap
|
2
|
|
|
·
Tidak sikap
|
1
|
I.
Lembar
Penilaian
No
|
Nama siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
sikap
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai =(Jumlah skor :
Jumlah Skor maksimal) X 10
·
Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
Mengetahui, ………………….,…………………..
Kepala Sekolah Mahasiswa
Dra. DALANG WANATAKA WAHYUDI
NIP.
19620116 188201 2 009 NIM
819 210 409
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekilas kita mengenal RPP untukk bahan ajaran, semoga bermanfaat. (Baca: Contoh RPP SD KELAS IV MATEMATIKA)
0 Comments
Terimakasih atas komentar anda!