-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN
SIKLUS 1
Sekolah : SDN Muara Jaya II
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas /
Semester : IV / 2
Hari /
Tanggal : Rabu / 2 April 2014
I. Standar
Kompetensi
2. Mengenal
sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan
Kabupaten/kota dan Provinsi.
II. Kompetensi
Dasar
2.3 Mengenal
perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman
menggunakannya.
III. Indikator
1.Mendiskripsikan teknologi komunikasi
pada masa lalu.
2.Mendiskripsikan teknologi komunikasi
pada masa kini (modern).
IV. Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan menyimak siswa dapat menjelaskan pengertian
teknologi komunikasi pada masa lalu dan
masa kini.
2.
Melalui pengamatan gambar siswa dapat menyebutkan contoh teknologi komunikasi masa
lalu dan masa kini.
3.
Melalui pengamatan gambar siswa dapat menyebutkan
manfaat teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini (modern).
V. Tujuan
Perbaikan Pembelajaran
1. Tujuan
bagi siswa
Meningkatkan kemampuan siswa terhadap pemahaman
materi tentang teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini serta
pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
2. Tujuan bagi guru
Meningkatkan kinerja guru dalam menerapkan metode Cooperative
Learning dan penggunaan media pembelajaran yang bervariasi.
Nilai pendidikan karakter yang
diharapkan : Religius, Disiplin, Rasa ingin tahu, kerja keras, Berani, Mandiri,
Tanggung Jawab.
VI. Materi
Pembelajaran
Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi.
2. Teknologi
komunikasi (uraian materi terlampir).
VII. Metode
Pembelajaran
Strategi : Paikem
Metode : Ceramah, Tanya jawab, Diskusi,
Penugasan
VIII. Alokasi Waktu
1 x 35 menit
IX. Langkah-langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
1.
Pra Kegiatan
-
Mengucapkan salam, berdo’a (religius, disiplin)
-
Guru menanyakan kehadiran siswa.
-
Guru menyiapkan alat-alat yang diperlukan dalam
kegiatan pembelajaran (rasa ingin tahu )
2.
Apersepsi
-
Guru menanyakan tentang hal-hal yang berkaitan dengan
teknologi komunikasi.
Misal : 1. Siapa
yang di rumah punya telepon?
2. Kita
bisa melihat berita / hiburan di rumah melalui tayangan apa?
3. Bila kalian tidak masuk sekolah maka harus
mengirim?
-
Menyampaikan materi yang akan dipelajari dan tujuan
yang ingin dicapai.
- Kegiatan Inti ( 25 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
-
Guru menjelaskan materi tentang teknologi komunikasi
masa lalu dan masa sekarang dengan media gambar, siswa mendengarkan penjelasan
dari guru. (rasa hormat dan perhatian).
-
Dengan diselingi tanya jawab guru menjelaskan
pentingnya teknologi komunikasi.
-
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
-
Siswa menerima Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk
didiskusikan bersama.( kerja keras,
tanggung jawab )
-
Siswa diberi kesempatann untuk berfikir dan berpendapat
menyelesaikan masalah yang ada pada lembar kegiatan siswa. (Tanggung
jawab)
-
-
Berdasarkan jawaban-jawaban itu guru mengembangkan
diskusi, memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanggapi jawaban temannya,
sehingga siswa dapat menemukan jawaban pertanyaan itu sebagai pengetahuan yang
utuh. ( Berani, Tanggung jawab )
-
Selama siswa berdiskusi, guru mengadakan penilaian
dalam proses dengan menggunakan lembar pengamatan.
-
Guru memberi penghargaan pada siswa yang aktif dalam
pembelajarann serta yang hasil kerjanya baik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
-
Guru memberi penguatan, menyelaraskan hasil kerja siswa
dengan materi belajaran.
-
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang hal-hal yang belum dipahami.
- Kegiatan penutup (5 menit)
-
Guru membimbing siswa, memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
-
Untuk mengetahui pemahaman siswa, guru memberi evaluasi
secara individu, setelah siswa selesai mengerjakan dikumpulkan (mandiri, tanggung jawab).
-
Guru mengucapkan salam dan berdoa mengakhiri
pembelajaran (religius, disiplin).
X. Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
·
Media / Alat
Gambar teknologi komunikasi.
·
Sumber Pembelajaran
-
Kurikulum KTSP
-
Buku Paket Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV.SD / MI
Sunarso,Anis Kusuma,2004 Hal43-48
-
Buku Ajar Fokus Kelas IV SD/MI, Tim Catha Educatif
Aminnudin Aris Sudibyo, 2014 Hal. 46-50.
X. Penilaian
a. Prosedur penilaian : -
Penilaian proses (LKS)
-
Penilaian hasil (evaluasi)
Penilaian awal : -
Penilaian dalam proses : Observasi
Penilaian Akhir : Mengerjakan soal tertulis
b. Teknik penilaian : - Tes
- Non
tes
c. Bentuk penilaian : -
Obyektif
-
Subyektif
d. Jenis penilaian : -
Lisan
-
Tulis
-
Perbuatan
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN Muara Jaya II
Dalang Wanataka
NIP. 18600808 197907 1 008
|
Ngawi, April 2014
Mahasiswa
Wahyudi
NIM.
442 210 404
|
Lampiran 1
RANGKUMAN MATERI
TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Berkomunikasi
artinya menyampaikan maksud atau pesan kepada orang lain dan memahami maksud
atau keinginan orang lain. Ada dua jenis alat komunikasi, yaitu alat komunikasi
masa lalu (tradisional) dan alat komunikasi masa kini (modern).
1. Alat Komunikasi Masa Lalu atau Tradisional
Pada
masa lalu sudah terdapat alat komunikasi. Alat komunikasi yang dipakai masih
sangat sederhana. Bentuk alat komunikasi masa lalu antara lain kentungan,
bandhe, surat dari daun.
a. Kentungan
Kentungan yaitu alat komunikasi yang
terbuat dari bambu atau kayu berongga. Kentungan biasa dipakai untuk memanggil
warga desa melakukan kerja bakti, memberi tahu tentang terjadinya suatu
peristiwa seperti pencurian, atau bencana alam.
b. Bandhe
Bandhe
yaitu alat komunikasi berbentuk bundar terbuat dari besi atau perunggu. Pada
masa lalu bandhe digunakan oleh kerajaan untuk memanggil warganya..
c. Surat menggunakan daun
Surat
atau tulisan pada masa lalu di tulis diatas daun lontar atau daun nipah. Selain
daun, pada masa lalu sudah terdapat surat yang ditulis pada kulit binatang.
2. Alat Komunikasi Masa Kini/Modern
Pada
masa kini, alat atau media komunikasi makin berkembang dan canggih. Beberapa media dann cara berkomunikasi masa
kini diantaranya sebagai berikut :
a. Surat kabar dan majalah
Surat
kabar dan majalah memuat berita atau informasi mengenai peristiwa-peristiwa
yang terjadi diberbagai tempat secara aktual. Selain itu surat kabar dan
majalah dapat digunakan sebagai sarana menambah pengetahuan serta hiburan.
b. Telepon
Telepon
adalah alat komunikasi jarak jauh. Cara menggunakannya cukup dengan menekan
atau memutar nomor yang hendak kita tuju. Pesawat telepon mengalami
perkembangan. Saat ini sudah banyak orang yang menggunakann telepon yang tidak
berkabel yang dinamakan telepon gennggam (handphone).
c. Televisi
Kita
dapat memperoleh berbagai informasi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri
melalui tayangan televisi. Pasca dibangun Sistem Komunikasi Satelit Domestik
(SKSD) Palapa, perluasan jaringan penyiaran televisi menjadi makin luas.
Stasiun televisi telah dikembangkan oleh pemerintah maupun swasta.
d. Internet
Saat
ini sudah ada media komunikasi yang sangat canggih. Media komunikasi tersebut
dikenal dengan istilah internet. Peralatan yang digunakan untuk berkomunikasi
melalui internet adalah komputer. Melalui internet kita dapat berkomunikasi
dengan orang lain di seluruh dunia. Kita juga dapat membaca berita,
mengirim atau menerima gambar, mengirim
atau menerima surat melalui email, facebook, twitter, chatting dan sebagainya.
Lampiran
3
LEMBAR KEGIATAN
SISWA
Sekolah : SDN Paron 2
Mata Pelajaran : IPS
Kelas / Semester : IV / 2
Nama Anggota : 1. …………………………
2. …………………………
3. …………………………
Perhatikan tabel
dibawah ini! Diskusikan dengan teman sekelompokmu!
Jenis
Teknologi Komunikasi
|
Keunggulan
|
Teknologi komunikasi masa lalu
Teknologi Komunikasi masa kini
|
·
………………………
·
………………………
·
………………………
·
………………………
·
………………………
·
………………………
|
Lampiran 4
JAWABAN LEMBAR KEGIATAN
·
Teknologi komunikasi masa lalu
Keunggulan :
-
Jika ada kerusakan bahan mudah dicari.
-
Harganya murah
·
Teknologi komunikasi masa kini
Keunggulan :
-
Menyampaikan informasi lebih cepat
-
Jangkauan lebih luas
-
Berita mudah disimpan
Lampiran 5
LEMBAR PENGAMATAN
SIKLUS 1
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
|||||||||||||||
Keaktifan
|
Kesungguhan
|
Ketepatan
|
Kerja Sama
|
||||||||||||||
A
|
B
|
C
|
D
|
A
|
B
|
C
|
D
|
A
|
B
|
C
|
D
|
A
|
B
|
C
|
D
|
||
1.
|
Syif Al Qobiyani
|
||||||||||||||||
2.
|
Riski Yudha H.
|
||||||||||||||||
3.
|
Kunwibawati Elys
|
||||||||||||||||
Jumlah
|
Lampiran 6
Rubrik
Penilaian
Aspek
|
Diskriptor
|
Skor
|
Keaktifan
|
- Siswa
sangat aktif dan tekun bekerja kelompok
- Siswa
aktif dalam bekerja kelompok
- Siswa
cukup aktif dalam bekerja kelompok
- Siswa
tidak aktif dalam bekerja kelompok
|
4
3
2
1
|
Kesungguhan
|
- Siswa
bekerja kelompok sangat bersemangat dan tekun atas kemauan sendiri
- Siswa
bekerja kelompok dengan tekun dan kesungguhan
- Siswa
bekerja kelompok kurang sungguh-sungguh
- Siswa
bekerja kelompok tidak serius dan tidak sungguh
|
4
3
2
1
|
Kerjasama
|
- Siswa
melakukan kerjasama memecahkan masalah sangat kompak dan bersemangat
- Siswa
melakukan kerjasama memecahkan masalah dengan kompak dan bersemangat
- Siswa
melakukan kerjasama memecahkan masalah dengan cukup baik
- Siswa
bekerjasama memecahkan masalah tidak kompak dan kurang serius
|
4
3
2
1
|
Ketepatan
|
-
Siswa dalam menjawab pertanyaan LKS dengan tepat dan
kemauan sendiri
-
Siswa dalam menjawab pertanyaan LKS dengan tepat atas
perintah guru
-
Siswa dalam menjawab pertanyaan LKS dengan tepat atas dorongan teman
-
Jika siswa Pasif
|
4
3
2
1
|
Lampiran 7
LEMBAR
EVALUASI
Sekolah : SDN Paron 2
Mata Pelajaran : IPS
Kelas / Semester : IV / 2
Nama Siswa : …………………………
No. Absen : …………………………
1. Alat komunikasi apa saja yang termasuk alat
komunikasi modern?
Jawab :
________________________________________________________
2. Alat komunikasi yang terbuat dari bambu atau
kayu berongga disebut …..
Jawab :
________________________________________________________
3. Televisi
merupakan alat komunikasi yang menyampaikan informasi dalam bentuk ….
Jawab :
________________________________________________________
4. Alat komunikasi kentungan biasa dipakai untuk
….
Jawab :
________________________________________________________
5. Alat komunikasi internet menggunakan media ….
Jawab :
________________________________________________________
Lampiran 8
JAWABAN LEMBAR EVALUASI
1. Surat
kabar, majalah, telepon, televisi, internet
2. Kentungan
3. Audio
visual
4. Memanggil
warga desa melakukan kerja bakti, memberi tahu apabila terjadi bencana alam
atau pencurian.
5. Komputer
Lampiran 9
PEDOMAN PENILAIAN
Keterangan :
·
Nilai 2 apabila dalam menjawab soal benar.
·
Nilai 1 apabila dalam menjawab soal kurang
sesuai atau ada sebagian yang salah.
·
Nilai 0 apabila dalam menjawab soal salah.
|
Rumus Nilai =
Lampiran 10
ANALISA HASIL PENILAIAN EVALUASI
SIKLUS 1
No
|
Nama Siswa
|
Nomor
Soal
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan Belajar
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Ya
|
Tidak
|
||||
1.
|
Syifa Al Qobiyani
|
|||||||||
2.
|
Riski Yudha H.
|
|||||||||
3.
|
Kunwibawati Elys
|
|||||||||
Jumlah
|
||||||||||
Rata-rata
|
Baca juag contoh yang lain : Contoh RPP SD KELAS IV MATEMATIKA
Youtube: Redaksi Email
0 Comments
Terimakasih atas komentar anda!