Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP) IPS SD kelas IV semester 2

Ini contoh Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP) SD kelas IV semester 2. Untuk bahan format saja bisa diganti dengan kebutuhan masing-masing yang dibutuhkan. Bisa dilihat di bawah ini contoh Rencana Perbaiakan Pembelajaran:
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN
SIKLUS 1

Sekolah                       :     SDN Muara Jaya II
Mata Pelajaran          :     IPS
Kelas / Semester         :     IV / 2
Hari / Tanggal           :     Rabu / 2 April 2014

I.       Standar Kompetensi
2.   Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan Kabupaten/kota dan Provinsi.

II.     Kompetensi Dasar
2.3 Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya.

III.    Indikator
1.Mendiskripsikan teknologi komunikasi pada masa lalu.
2.Mendiskripsikan teknologi komunikasi pada masa kini (modern).

IV.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan menyimak siswa dapat menjelaskan pengertian teknologi komunikasi pada masa  lalu dan masa kini.
2.      Melalui pengamatan gambar siswa dapat menyebutkan contoh teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini.
3.      Melalui pengamatan gambar siswa dapat menyebutkan manfaat teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini (modern).




V.     Tujuan Perbaikan Pembelajaran
1.   Tujuan bagi siswa
Meningkatkan kemampuan siswa terhadap pemahaman materi tentang teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.   Tujuan bagi guru
      Meningkatkan kinerja guru dalam menerapkan metode Cooperative Learning dan penggunaan media pembelajaran yang bervariasi.

Nilai pendidikan karakter yang diharapkan : Religius, Disiplin, Rasa ingin tahu, kerja keras, Berani, Mandiri, Tanggung Jawab.


VI.    Materi Pembelajaran
Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi.
2.   Teknologi komunikasi (uraian materi terlampir).

VII. Metode Pembelajaran
Strategi : Paikem
Metode : Ceramah, Tanya jawab, Diskusi, Penugasan

VIII. Alokasi Waktu
1 x 35 menit

IX. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
1.      Pra Kegiatan
-          Mengucapkan salam, berdo’a (religius, disiplin)
-          Guru menanyakan kehadiran siswa.
-          Guru menyiapkan alat-alat yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran (rasa  ingin tahu )
2.      Apersepsi
-          Guru menanyakan tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi komunikasi.
Misal : 1.   Siapa yang di rumah punya telepon?
            2.   Kita bisa melihat berita / hiburan di rumah melalui tayangan apa?
            3.  Bila kalian tidak masuk sekolah maka harus mengirim?
-          Menyampaikan materi yang akan dipelajari dan tujuan yang ingin dicapai.

  • Kegiatan Inti ( 25 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-          Guru menjelaskan materi tentang teknologi komunikasi masa lalu dan masa sekarang dengan media gambar, siswa mendengarkan penjelasan dari guru. (rasa hormat dan perhatian).
-          Dengan diselingi tanya jawab guru menjelaskan pentingnya teknologi komunikasi.
-          Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

Elaborasi                     
Dalam kegiatan elaborasi :
-          Siswa menerima Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk didiskusikan bersama.( kerja keras, tanggung jawab )
-          Siswa diberi kesempatann untuk berfikir dan berpendapat menyelesaikan masalah yang ada pada lembar kegiatan siswa. (Tanggung jawab)
-           
-          Berdasarkan jawaban-jawaban itu guru mengembangkan diskusi, memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanggapi jawaban temannya, sehingga siswa dapat menemukan jawaban pertanyaan itu sebagai pengetahuan yang utuh. ( Berani, Tanggung jawab )
-          Selama siswa berdiskusi, guru mengadakan penilaian dalam proses dengan menggunakan lembar pengamatan.
-          Guru memberi penghargaan pada siswa yang aktif dalam pembelajarann serta yang hasil kerjanya baik.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
-          Guru memberi penguatan, menyelaraskan hasil kerja siswa dengan materi belajaran.
-          Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami.

  • Kegiatan penutup (5 menit)
-          Guru membimbing siswa, memberi kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
-          Untuk mengetahui pemahaman siswa, guru memberi evaluasi secara individu, setelah siswa selesai mengerjakan dikumpulkan (mandiri, tanggung jawab).
-          Guru mengucapkan salam dan berdoa mengakhiri pembelajaran (religius, disiplin).

X.     Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·   Media / Alat
Gambar teknologi komunikasi.

·   Sumber Pembelajaran
-          Kurikulum KTSP
-          Buku Paket Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV.SD / MI Sunarso,Anis Kusuma,2004 Hal43-48
-          Buku Ajar Fokus Kelas IV SD/MI, Tim Catha Educatif Aminnudin Aris Sudibyo, 2014 Hal. 46-50.
X.     Penilaian
a.   Prosedur penilaian             :  -  Penilaian proses (LKS)
                                                  -  Penilaian hasil (evaluasi)  
      Penilaian awal                   :  -
      Penilaian dalam proses      :     Observasi
      Penilaian Akhir                 :     Mengerjakan soal tertulis

b.   Teknik penilaian                :  -  Tes
                                                  -  Non tes

c.   Bentuk penilaian               :  -  Obyektif
                                                  -  Subyektif

d.   Jenis penilaian                   :  -  Lisan
                                                  -  Tulis
                                                  -  Perbuatan



Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN Muara Jaya II


Dalang Wanataka
NIP. 18600808 197907 1 008
Ngawi,     April 2014

Mahasiswa


Wahyudi
NIM. 442 210 404




Lampiran 1
RANGKUMAN MATERI


TEKNOLOGI KOMUNIKASI
               Berkomunikasi artinya menyampaikan maksud atau pesan kepada orang lain dan memahami maksud atau keinginan orang lain. Ada dua jenis alat komunikasi, yaitu alat komunikasi masa lalu (tradisional) dan alat komunikasi masa kini (modern).
1.   Alat Komunikasi Masa Lalu atau Tradisional
            Pada masa lalu sudah terdapat alat komunikasi. Alat komunikasi yang dipakai masih sangat sederhana. Bentuk alat komunikasi masa lalu antara lain kentungan, bandhe, surat dari daun.
a.   Kentungan
Kentungan yaitu alat komunikasi yang terbuat dari bambu atau kayu berongga. Kentungan biasa dipakai untuk memanggil warga desa melakukan kerja bakti, memberi tahu tentang terjadinya suatu peristiwa seperti pencurian, atau bencana alam.
b.   Bandhe
      Bandhe yaitu alat komunikasi berbentuk bundar terbuat dari besi atau perunggu. Pada masa lalu bandhe digunakan oleh kerajaan untuk memanggil warganya..
c.   Surat menggunakan daun
      Surat atau tulisan pada masa lalu di tulis diatas daun lontar atau daun nipah. Selain daun, pada masa lalu sudah terdapat surat yang ditulis pada kulit binatang.

2.   Alat Komunikasi Masa Kini/Modern
            Pada masa kini, alat atau media komunikasi makin berkembang dan canggih.  Beberapa media dann cara berkomunikasi masa kini diantaranya sebagai berikut :
a.   Surat kabar dan majalah
      Surat kabar dan majalah memuat berita atau informasi mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi diberbagai tempat secara aktual. Selain itu surat kabar dan majalah dapat digunakan sebagai sarana menambah pengetahuan serta hiburan.
b.   Telepon
      Telepon adalah alat komunikasi jarak jauh. Cara menggunakannya cukup dengan menekan atau memutar nomor yang hendak kita tuju. Pesawat telepon mengalami perkembangan. Saat ini sudah banyak orang yang menggunakann telepon yang tidak berkabel yang dinamakan telepon gennggam (handphone).
c.   Televisi
      Kita dapat memperoleh berbagai informasi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri melalui tayangan televisi. Pasca dibangun Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD) Palapa, perluasan jaringan penyiaran televisi menjadi makin luas. Stasiun televisi telah dikembangkan oleh pemerintah maupun swasta.
d.   Internet
      Saat ini sudah ada media komunikasi yang sangat canggih. Media komunikasi tersebut dikenal dengan istilah internet. Peralatan yang digunakan untuk berkomunikasi melalui internet adalah komputer. Melalui internet kita dapat berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia. Kita juga dapat membaca berita, mengirim  atau menerima gambar, mengirim atau menerima surat melalui email, facebook, twitter, chatting dan sebagainya.


Lampiran 3
LEMBAR KEGIATAN SISWA

Sekolah                    :  SDN Paron 2
Mata Pelajaran       :  IPS
Kelas / Semester      :  IV / 2
Nama Anggota       :  1. …………………………
                                                               2. …………………………
                                                               3. …………………………

Perhatikan tabel dibawah ini! Diskusikan dengan teman sekelompokmu!

Jenis Teknologi Komunikasi
Keunggulan

Teknologi komunikasi masa lalu


Teknologi Komunikasi masa kini

·      ………………………
·      ………………………
·      ………………………

·     ………………………
·     ………………………
·     ………………………




Lampiran 4
JAWABAN LEMBAR KEGIATAN

·         Teknologi komunikasi masa lalu
Keunggulan :
-          Jika ada kerusakan bahan mudah dicari.
-          Harganya murah

·         Teknologi komunikasi masa kini
      Keunggulan :
-          Menyampaikan informasi lebih cepat
-          Jangkauan lebih luas
-          Berita mudah disimpan


















Lampiran 5
LEMBAR PENGAMATAN
SIKLUS 1

No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Keaktifan
Kesungguhan
Ketepatan
Kerja Sama
A
B
C
D
A
B
C
D
A
B
C
D
A
B
C
D
1.
Syif Al Qobiyani
















2.
Riski Yudha H.
















3.
Kunwibawati Elys



































Jumlah






























Lampiran 6
Rubrik Penilaian

Aspek
Diskriptor
Skor
Keaktifan
-  Siswa sangat aktif dan tekun bekerja kelompok
-  Siswa aktif dalam bekerja kelompok
-  Siswa cukup aktif dalam bekerja kelompok
-  Siswa tidak aktif dalam bekerja kelompok
4
3
2
1
Kesungguhan
-  Siswa bekerja kelompok sangat bersemangat dan tekun atas kemauan sendiri
-  Siswa bekerja kelompok dengan tekun dan kesungguhan
-  Siswa bekerja kelompok kurang sungguh-sungguh
-  Siswa bekerja kelompok tidak serius dan tidak sungguh
4

3
2
1
Kerjasama
-  Siswa melakukan kerjasama memecahkan masalah sangat kompak dan bersemangat
-  Siswa melakukan kerjasama memecahkan masalah dengan kompak dan bersemangat
-  Siswa melakukan kerjasama memecahkan masalah dengan cukup baik
-  Siswa bekerjasama memecahkan masalah tidak kompak dan kurang serius
4

3

2

1
Ketepatan
-       Siswa dalam menjawab pertanyaan LKS dengan tepat dan kemauan sendiri
-       Siswa dalam menjawab pertanyaan LKS dengan tepat atas perintah guru
-       Siswa dalam menjawab pertanyaan LKS dengan tepat atas dorongan teman
-       Jika siswa Pasif
4

3

2

1

Lampiran 7
LEMBAR EVALUASI

Sekolah                    :  SDN Paron 2
Mata Pelajaran       :  IPS
Kelas / Semester      :  IV / 2
Nama Siswa            :  …………………………
No. Absen               :  …………………………


1.   Alat komunikasi apa saja yang termasuk alat komunikasi modern?
      Jawab : ________________________________________________________
2.   Alat komunikasi yang terbuat dari bambu atau kayu berongga disebut …..
      Jawab : ________________________________________________________
3.   Televisi merupakan alat komunikasi yang menyampaikan informasi dalam bentuk ….
      Jawab : ________________________________________________________
4.   Alat komunikasi kentungan biasa dipakai untuk ….
      Jawab : ________________________________________________________
5.   Alat komunikasi internet menggunakan media ….
      Jawab : ________________________________________________________


Lampiran 8
JAWABAN LEMBAR EVALUASI

1.   Surat kabar, majalah, telepon, televisi, internet
2.   Kentungan
3.   Audio visual
4.   Memanggil warga desa melakukan kerja bakti, memberi tahu apabila terjadi bencana alam atau pencurian.
5.   Komputer


Lampiran 9
PEDOMAN PENILAIAN

Keterangan :

·         Nilai 2 apabila dalam menjawab soal benar.
·         Nilai 1 apabila dalam menjawab soal kurang sesuai atau ada sebagian yang salah.
·         Nilai 0 apabila dalam menjawab soal salah.


 
Rumus Nilai =




Lampiran 10
ANALISA HASIL PENILAIAN EVALUASI
SIKLUS 1

No
Nama Siswa
Nomor
Soal
Jumlah Skor
Nilai
Ketuntasan Belajar
1
2
3
4
5
Ya
Tidak
1.
Syifa Al Qobiyani









2.
Riski Yudha H.









3.
Kunwibawati Elys





















Jumlah










Rata-rata












Baca juag contoh yang lain : Contoh RPP SD KELAS IV MATEMATIKA


Youtube: Redaksi Email


Post a Comment

0 Comments