Contoh RPP SD KELAS IV MATEMATIKA

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk SDN mata pelajaran matematika untuk kelas IV semester II. Ini sebagai contoh formatnya saja. Untuk keperluan bisa diedit dan oleh data. Di bawah ini contoh RPP nya:
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

PRA SIKLUS

                   Sekolah                             :      SDN PAREN 2
                   Mata Pelajaran                :      MATEMATIKA
                   Kelas/Semester                 :      IV/ lI
                   Tanggal pelaksanaan      :      2 April 2014
                   Alokasi Waktu                 :      1 X 35 Menit


I.     Standar Kompetensi
       6. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah

II.   Kompetensi Dasar
6.1  Menjelaskan arti pecahan dan urutannya

III.  Indikator
§  Mengenal arti pecahan sebagai sesuatu yang tidak utuh
§  Menyatakan pecahan secara visual

IV. Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat mengenal arti pecahan dengan benar
§  Siswa dapat mendeskripsikan pecahan dengan benar

&                            Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

V.   Materi Pokok/Ajar
       Pecahan dan urutannya

VI.  Alokasi Waktu
       1 X 35 menit


VII. Strategi Pembelajaran
-   Paikem

VIII. Pendekatan dan Metode Pembalajaran
-   Ekspositori (ceramah dan tanya jawab)
-   Demonstrasi
-   Penugasan

IX. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal ( 5 Menit )
Karakter siswa yang diharapkan
Pra Kegiatan:
v  Memberi Salam 
v  Merapikan siswa, berdo’a, dan absensi

Apersepsi:
v   Motivasi
v  Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan

Religius
Religius dan Toleransi
Percaya diri, tanggung jawab dan keberanian

Kegiatan Inti ( 20 Menit )

Karakter siswa yang diharapkan
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
v Menjelaskan arti pecahan sebagai sesuatu yang tidak utuh
v Guru bercerita tentang bacaan dalam buku
v Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
Semua siswa diminta untuk mendeskripsikan pecahan dan urutannya berdasarkan penjelasan yang didengar.

Konfirmasi
   Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
v  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.


Kretif, Gemar membaca, Ketelitian
Kreatif

Inovatif



Disiplin, Keberanian, Tanggung Jawab



Kreatif
Kegiatan Akhir ( 10 Menit )

Karakter siswa yang diharapkan
v  Guru mengajukan pertanyaan tentang arti pecahan dan urutannya
v  Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, kemudian guru menjawabnya
v  Siswa mengerjakan tugas – tugas yang diberikan guru
v  Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
v  Guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan
v  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
v  Pekerjaan Rumah

Kreatif

Teliti, Tekun, Tanggung jawab, Keberanian

X. Alat dan Sumber Belajar
a.    Buku paket matematika kelas IV (Yudistira)
b.      Buku Fokus matematika kelas IV
c.       Alat Peraga

XI. Penilaian ( Terlampir )
       Prosedur Penilaian / Evaluasi
1.      Tes Proses:
Pengamatan ( dilakukan saat kegiatan pembelajaran berlangsung )
                        Meliputi           : Keaktifam siswa selama proses pembelajaran
                        Jenis                : Perbuatan
                        Bentuk                        : Pengamatan
                        Alat                 : Lembar observasi

2.      Tes Hasil
Jenis                : Tes tertulis
                        Bentuk                        : Subjektif
                        Alat                 : Soal, Lembar jawaban, Kunci jawaban, Penskoran





X1I. Lampiran
1.    Ringkasan Materi
2.    Alat / Media Pembelajaran
3.    Lembar Evaluasi
4.    Kunci jawaban
5.    Lembar Observasi
6.    Lembar Penilaian



                                                                                                            Ngawi, 2 April 2014
     Mengetahui
     Supervisor 2                                                                               Mahasiswa



     S E LYLANA, S.Pd                                                              HARYONO
     NIP:123690629 199202 2 002                                                NIM:819 000 396
    



Kepala SDN Paren 2
Kecamatan Paren



BURHAN DINA ALANA, S.Pd SD
NIP:196056808 197907 1 003
                       




-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Semoga contoh rpp ini bisa membantu anda dalam mengerjakan tugas dari sekolah. Bisa baca juga  contoh rrp yang lain.








Post a Comment

0 Comments