-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
PRA SIKLUS
Sekolah
: SDN PAREN 2
Mata
Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Semester : IV/ lI
Tanggal
pelaksanaan : 2 April
2014
Alokasi Waktu : 1 X 35 Menit
I. Standar Kompetensi
6. Menggunakan pecahan dalam pemecahan
masalah
II. Kompetensi Dasar
6.1 Menjelaskan arti
pecahan dan urutannya
III. Indikator
§ Mengenal
arti pecahan sebagai sesuatu yang tidak utuh
§ Menyatakan pecahan
secara visual
IV.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat mengenal arti pecahan dengan
benar
§ Siswa dapat mendeskripsikan pecahan dengan benar
&
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin
( Discipline ), Rasa hormat dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
V. Materi Pokok/Ajar
Pecahan dan urutannya
VI. Alokasi Waktu
1 X 35 menit
VII.
Strategi Pembelajaran
- Paikem
VIII.
Pendekatan dan Metode Pembalajaran
- Ekspositori (ceramah dan tanya jawab)
- Demonstrasi
- Penugasan
IX.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal ( 5 Menit )
|
Karakter siswa yang diharapkan
|
Pra Kegiatan:
v
Memberi Salam
v
Merapikan siswa, berdo’a, dan absensi
Apersepsi:
v
Motivasi
v
Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
Religius
Religius dan Toleransi
Percaya diri, tanggung jawab dan keberanian
|
Kegiatan Inti ( 20 Menit )
|
Karakter siswa yang diharapkan
|
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
v Menjelaskan arti pecahan sebagai sesuatu yang tidak utuh
v Guru bercerita tentang bacaan dalam buku
v Melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
Semua siswa diminta untuk mendeskripsikan
pecahan dan urutannya berdasarkan penjelasan yang didengar.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
v Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
|
Kretif, Gemar membaca, Ketelitian
Kreatif
Inovatif
Disiplin, Keberanian, Tanggung Jawab
Kreatif
|
Kegiatan Akhir ( 10 Menit )
|
Karakter siswa yang diharapkan
|
v Guru mengajukan pertanyaan tentang arti
pecahan dan urutannya
v Siswa mengajukan pertanyaan sekitar
materi yang belum dipahami, kemudian guru menjawabnya
v Siswa mengerjakan tugas – tugas yang
diberikan guru
v Guru memeriksa dan membahas pekerjaan
siswa
v Guru menyimpulkan materi yang telah
diajarkan
v Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
v Pekerjaan Rumah
|
Kreatif
Teliti, Tekun, Tanggung jawab, Keberanian
|
X.
Alat dan Sumber Belajar
a.
Buku
paket matematika kelas IV (Yudistira)
b. Buku Fokus matematika kelas IV
c. Alat Peraga
XI.
Penilaian ( Terlampir )
Prosedur
Penilaian / Evaluasi
1. Tes Proses:
Pengamatan ( dilakukan saat kegiatan pembelajaran berlangsung )
Meliputi : Keaktifam siswa selama proses
pembelajaran
Jenis : Perbuatan
Bentuk : Pengamatan
Alat : Lembar observasi
2. Tes Hasil
Jenis : Tes
tertulis
Bentuk : Subjektif
Alat : Soal, Lembar jawaban, Kunci
jawaban, Penskoran
X1I.
Lampiran
1. Ringkasan Materi
2. Alat / Media Pembelajaran
3. Lembar Evaluasi
4. Kunci jawaban
5. Lembar Observasi
6. Lembar Penilaian
Ngawi, 2 April
2014
Mengetahui
Supervisor 2 Mahasiswa
S E LYLANA, S.Pd HARYONO
NIP:123690629 199202 2 002 NIM:819
000 396
Kepala
SDN Paren 2
Kecamatan Paren
BURHAN
DINA ALANA, S.Pd SD
NIP:196056808
197907 1 003
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Semoga contoh rpp ini bisa membantu anda dalam mengerjakan tugas dari sekolah. Bisa baca juga contoh rrp yang lain.
0 Comments
Terimakasih atas komentar anda!