Arti Definisi dan Pengertian Puisi

Arti Definisi dan Pengertian Puisi. Sebagai pecinta dan penikmat puisi. Apakah sobat tau arti dan definisi puisi?Semua orang pasti bisa membuat puisi, tapi belum tentu tau tentang definisi puisi. Sebuah puisi itu memiliki ciri-ciri tersendiri. Puisi merupakan ungkapan perasaan yang padat, singkat dan efisien. Definisi puisi sangat beraneka ragam, dari beberapa ahli berpendapat sebagai berikut:






Apa itu definisi puisi?

Pengertian Puisi dalam Pradopo adalah aktivitas yang bersifat pencurahan jiwa yang padat, bersifat sugestif dan asosiatif.

Puisi adalah pendramaan pengalaman yang bersifat penafsiran (menafsirkan) dalam bahasa berirama (bermetrum) (as the interpretative dramatization of experience in metrical language). Altenbernd dalam Rachmat Djoko Pradopo (2010:5)

Puisi adalah seni penyatuan kenangan dengan kebenaran melalui sentuhan imajinasi yang bernalar. Samuel Johnson dalam Rizanur Gani ( 1988 : 159)

Ragam sastra yangg bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait (Kamus Besar Bahasa Indonesia)


Jadi, bisa disimpulkan definisi puisi itu: Pengalaman kebenaran melalui sentuhan imajinasi terikat oleh irama rima larik dan bait.

Contoh penggalan puisi dibawah ini :

.............................
Sepanjang jalan kesedihan
Sepanjang jalan ke bahagiaan
Sepanjang jalan kenangan
Kau tak merasa kelelahan

........................

Puisi ini mengedepankan ahkiran -an empat baris berturut-turut dengan rima yang sama bisa disebut juga rima rangkai, a a a a. Jadi akan terlihat keindahan sebuah puisi tersebut. Sebuah puisi itu akan hidup dan bermakna. Bagaimana cara menelusuri unsur-unsur intrinsik sebuah puisi bisa dilihat di Bedah Puisi Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik.




Post a Comment

0 Comments