Sejarah Muara Jaya II Way Tebu Lampung Barat

Deskripsi sejarah pekon muara jaya II. Pekon (desa /kampung). Pekon itu sebutan untuk daerah lampung untuk mneyebutkan desa atau kampung, jadi pekon sama artinya dengan desa / kampung.



Desa Pekon Muarajaya II mulai berdiri secara administratif Tahun 1987 , yaitu pemekaran dari Desa Muarajaya I,  mayoritas Penduduknya terdiri dari suku Lampung yang berasal dari Liwa, Balik Bukit, dan juga di tambah dari suku lain seperti sunda, jawa, dan lain- lain, yang dalam kehidupan sehari-hari berjalan Harmonis.

Desa pekon. Selanjutnya Desa /Pekon tersebut mempunyai nama Muarajaya II yang sebelumnya adalah desa Persiapan sehingga pekon definitif ,untuk kelancaran roda pemerintahan diadakan pembagian wilayah dengan istilah kesukuan/ Kedusunan tiap suku dipimpin oleh Kepala Suku / Kepala Dusun yang terdiri dari empat Kedusunan / Pemangku yaitu:
  1. Kedusunan Sinarjaya
  2. Kedusunan Pujaya
  3. Kedusunan Muarajaya
  4. Kedusunan Gunung raya
Dalam kurun waktu sejak berdirinya Pekon Muarajaya II Tahun 1987 secara umum perkembangan wilayah kec. Sumberjaya telah melahirkan Kabupaten sendiri yaitu Kabupaten lampung Barat , dengan otonomi Daerah adanya perubahan istilah nama Desa menjadi Pekon sesuai dengan adat istiadat daerah. Perubahan tersebut sesuai dengan Perda Kab. Lampung Barat No; 02 tahun 2000. demikian halnya nama Kepala Desa menjadi Kepala Pekon dengan sebutan Peratin yang dahulu Desa Muarajaya II berubah menjadi Pekon Muarajaya II.
Dalam kurun waktu sejak berdirinya Desa/Pekon Muarajaya II tahun 1987 secara umum telah mengalami perkembangan pada tahun 2008 menjadi 6 ( enam ) Pemangku yaitu:
1. Pemangku Sinarjaya : 87 KK, jumlah Penduduk 354 jiwa
2. Pemangku Pujaya I : 85 KK, jumlah penduduk 372 Jiwa
3. Pemangku Pujaya II : 55 KK, Jumlah Penduduk 201 jiwa
4. Pemangku Muarajaya : 103 KK, jumlah Penduduk 437 jiwa
5. Pemangku Gunung raya : 78 KK,jumlah penduduk 306 jiwa
6. Pemangku gunung Tengah : 118 KK, jumlah penduduk 350 jiwa

Secara administratif Pekon Muarajaya II mempunyai luas wilayah ± 1300 ha terdiri dari 2020 Jiwa dengan luas wilayah:
Pemukiman Penduduk : 250 Ha
Persawahan : 120 Ha
Perkebunan : 696 Ha
Perbukitan : 100 Ha
SaranaUmum dan lain- lain : 136 Ha  

Sumber : http://muarajaya2.blogspot.com/2009/05/sejarah-singkat-pekon-muara-jaya-ii.html

Dan sekarang ada pemekaran lagi yaitu Gunung Tengah dan Gunung raya kini telah menjadi desa atau pekon. Begitulah sejarah singkat Muara Jaya II, Way Tebu, Lampung Barat.


Post a Comment

1 Comments

Terimakasih atas komentar anda!