Dampak Kenakalan dan Kerusakan Remaja


Dampak Kenakalan dan Kerusakan Remaja. Dunia pendidikan tidak kurang-kurang dalam mendidik anak didiknya, memberikan kegiatan  ektras dan intra sekolah. Tapi kenapa realita remaja dilingkungan kita banyak remaja bertindak agresip yaitu kegiatan negative diantaranya. Pelecehan seksual, narkoba, miras, kriminal dan masih banyak lagi kegiatan negatip yang dilakukan oleh ramaja. Apa saja sih yang melatar belakangi tindakan negatip remaja? Dan bagaimana solusinya. kenakalan remaja merupakan prilaku yang menyimpang dari norma hukum pidana. Prilaku remaja ersebu sangat merugikan dirinya dan orang-orang sekitarnya. Biasanya remaja yang berusia 13 sampai 18 tahun.



Hal yang melatar belakangi kerusakan remaja:
1.       Lingkungan social
2.       Pendidikan keagamaan dan moral  yang kurang
3.       Perhatian orang tua
4.       Ekonomi
5.       TV
Contoh  kenakalan remaja:
1.       Penyalah gunaan narkoba
2.       Miras (mabuk-mabukan)
3.       Seks bebas
4.       Tawuran pelajar
5.       Perkelahian
6.       Frustasi diri
7.       Kebut kebutan dijalan
8.       Kriminal
Itu beberapa yang melatar belakangi kenakalan remaja, bagaimana solusi dari dampak kenakalan dan kerusakan remaja? Inilah poin penting untuk kita pahami. 

Solusi dari kenakalan remaja
Pertama lingkungan sosial, untuk remaja jangan terlalu berambisi bergaul. Bergaullah dalam keadan wajar, dan bergaullah kepada teman yang menurut anda baik tnggalkanlah bergaul kepada orang yang tidak baik.
Kedua dari dunia pendidikan, agar anak didik kita tidak melenceng moral dan tingkah lakunya rubahlah cara mengajar dalam sekolah. Kurikulum sekolah wajib menyelikan pesan ahlak mulia (moral) dan keagamaan. Contoh dalam setiap mata pelajaran disipkan pesan-pesan moral dan keamaan pesan-pesan yang penyangkut ahlak mulia. Perlu di ingat kita mendidik anak (peserta didik) tidak dengan memarahi atau mencaci maki atau dengan kekerasan tetapi dengan merangkul, mengajak dan mengakrabi anak didik kita. carikan sosuli-solusi yang tepat terhadap anak didik yang sulit untuk di didik.
Ketiga dari orang tua, perhatian orang tua itu sangat penting sekali. Karena kenapa, karena didikan orang tua akan mencipta watak anaknya. Bila orang tua mendidik anaknya secara keras maka watak anaknya akan keras juga begitu juga sebaliknya, bila orang tua mendidik anaknya dengan baik maka watak anak tersebut akan baik pula. Disinilah peran penting perhatian orang tua. Pendidikan jangan sepenuhnya dilimpahkan kepada sekolah, sekolah hanya sarana untuk bersekolah.
Keempat yaitu dari media TV. Di eragolobalisai ini remaja rentan sekali oleh kemajuan zaman. Dari TV dan internet. Kritikan keras untuk dunia TV. Rusaknya moral bangsa ini karena adanya penampilan-penampilan Tv yang kurang mendidik. Contoh kecil saja sinetron remaja yang menampilkan perkelahian dan cara bergaul dan pakaian secara tidak langsung akan ditiru oleh remaja “gak gaul ndeso”. Acara Tv inilah yang meracuni pola piker remaja zaman sekrang. Untuk pemerintah harus dipetegas lagi penayangan-penayangan acara TV. (kami mohon dengan amat sangat, tampilkanlah acara-acara yang mendidik).
Semoga dengan artikel ini kita diberi manfaatnya, kritik dan saran sangat kami harapkan untuk pembaca agar artikel ini lebih baik lagi.



Post a Comment

0 Comments