Format dan Pengertian Proposal Makalah Laporan

Disini ada beberapa penjelasan mengenai proposal, makalah, dan laporan.  Adapun dari ketiga tersebut harus memiliki struktur yang baik dan benar.

Proposal adalah suatu usulan kegiatan yang disusun secara sistimatis dan terinci perlu dukungan atau persetujuan pihak lain.

Makalah adalah Tulisan resmi/ formal suatu pokok dengan maksud untuk dipresentasikan di depan umum pada sebuah persidangan.

Laporan adalah penyampaian berita, fakta, keterangan, pemberitahuan yang berkenaan dengan tanggung jawab yang dibebankan kepada pelapor.
atau

Laporan adalah cara kominikasi di mana penulisan menyampaikan inpormasi kepada seseorang atau suatu badan atas tanggung jawab tugas yang dibebankan kepadanya.

Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan ketika kalian menyusun .
1.      Judul laporan Setiap laporan harus diberi judul agar orang tahu arah laporannya. Judul sesuai dengan kegiatan yang akan dilaporkan.
2.      Pendahuluan Pendahuluan sebuah laporan biasanya berisi tujuan diadakannya kegiatan.
3.      Isi Laporan Uraikan segala fakta yang kalian temukan. Isi laporan merupakan uraian dari judul laporan.Susunan Panitia Pelaksanaan Kegiatan Hasil yang dicapai
4.      Penutup Penutup laporan berisi saran-saran, harapan-harapan, atau kesimpulan dari laporan.

Kerangka Sederhana disusun sebagai berikut:
Cover atau jilid
Daptar isi
Kata pengantaran
A. Pendahuluan
/ Latar Belakang
B. Isi Laporan :
    1. Tujuan
    2. Alasan
    3. Hasil
C. Kesimpulan dan Saran

Istilah-istilah dalam pembuatan karya ilmiah atau laporan:
Kutipan = adalah pinjaman kalimat atau ucapan seorang fakar.
Catatan kaki = adalah keterangan-keterangan atas teks karangan yang ditempatkan pada kaki ditempatkan pada kaki halaman sebuah buku/karya ilmiah.
Bibliografi atau daftar pustaka = adalah daftar yang berisi judul-judul buku yang dijadikan reperensi atau acuan sebuah buku atau karya ilmiah.
Et al = singkatan dari kata latin et alin artinya dan lain-lain.S

Semoga informasi Format dan Pengertian Proposal Makalah Laporan ini memberi manfaat buat kita semua. (baca: Pengertian dan Contoh Biografi Otobiografi)


Post a Comment

0 Comments