BERSIH DESA ATAU NYADRAN


Asal Mula Bersih Desa atau Nyadran: Suatu kegiatan orang terdahulu atau nenek moyang yang akhirnya menjadikan suatu kebiasaan atau budaya turun-temurun sampai sekarang.

Tujuan Bersih Desa atau Nyadran:
Bentuk rasa syukur masyarakat setempat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala pemberiannya. Misalnya diberikan sumber-sumber mata air dan hasil-hasil pertanian yang melimpah.

 Pelaksanaan Bersih Desa atau Nyadran:
Biasanya masyarakat setempat secara bersama-sama membersihkan lingkungan. Contohnya membersihkan sumber-sumber mata air seperti sumur dan sendang. Serta membersihkan tempat-tempat makam dan punden. Punden yaitu suatu tempat yang dianggap keramat oleh masyarakat setempat atau makam seseorang yang paling berjasa dalam terbentuknya desa tesebut. Selain itu juga untuk mengadakan selamatan atau mendoakan para leluhur yang sudah meninggal.

Berbagai Penyimpangan dalam Bersih Desa atau Nyadran:
Bagi masyarakat yang awam, hal tersebut dianggap sebagai bentuk kemusyrikan karena Agama Islam tidak pernah mengajarkannya atau tidak tercantum dalam Al Qur’an. Ada juga sebagian orang awam yang justru menjadikannya sebagai ajang kemaksiatan seperti judi dan sebagainya sehingga menghilangkan kesan positif dari hal tersebut.

Kesimpulan:
Pada dasarnya hal tersebut banyak manfaatnya, seperti menciptakan kebersamaan, sikap gotong royong dan tolong menolong antar warga masyarakat setempat. Jadi, kita dapat mengambil hkmah atau manfaat dari hal tersebut.

Nama:
Pratitis Ika Pawistri (33)
Vina Pranesti (39)
Kelas: 9F

Post a Comment

0 Comments